Waktunya Anda Memilih Obat Rayap yang Paling Ampuh

Tahukah Anda ternyata selain nyamuk, rayap juga menjadi hama yang paling tidak disenangi oleh manusia. Kehadiran rayap bisa merusak bangunan dan perabotan. Tentu saja sangat merugikan. Oleh sebab itu, agar terhindar dari kerusakan yang ditimbulkan oleh rayap, Anda harus mulai jeli dalam memilih obat rayap.

Alih-alih menggunakan obat kimia dalam mengusir rayap, tentu saja berbahaya untuk kesehatan, baiknya Anda memanggil jasa anti rayap. Jadi sebaiknya, gunakan obat anti rayap yang terbuat dari tumbuhan. Ini jauh lebih aman. Apa saja obat anti rayap yang terbuat dari tumbuhan? Simak di bawah ini:

  1. Rumput Vetiver

Tahukah Anda bahwa rumput vetiver bisa dimanfaatkan untuk mengusir rayap. Rumput ini memiliki bau yang cukup harum. Terkadang digunakan sebagai bahan dasar membuat parfum.  Pertumbuhannya cukup cepat sehingga mampu dimanfaatkan sebagai penangkal erosi tanah.

Kandungan yang terdapat pada rumput vetiver seperti zat nookatone ini tidak hanya mampu mengusir rayap tapi juga serangga lainnya. Jangkrik, semut, kecoa, bahkan kutu bisa pergi setelah mencium bau rumput vetiver. Sebaiknya tanamlah rumput ini di sekitar rumah Anda untuk menghindari kehadiran rayap.

  1. Buah Bintaro

Obat alami yang kedua adalah menggunakan buah bintaro. Buah ini bisa Anda temukan di tepi jalan. Namun, jangan sesekali mengkonsumsinya karena buah bintaro merupakan buah beracun bagi manusia. Dan bisa dimanfaatkan sebagai pengusir rayap.

Buah bintaro memiliki kandungan zat certerin yang sangat berpengaruh pada rayap. Anda tidak perlu menanamnya, karena sekarang Anda sudah bisa mendapatkan semprotan anti rayap buah  bintaro dalam bentuk siap pakai. Namun jika ingin membuatnya sendiri, caranya mudah, Anda hanya perlu menyiapkan 500 gram buah bintaro dan juga 500 ml air. Lalu mencampurkan keduanya blender hingga halus. 

Diamkan selama kurang lebih seminggu. Kemudian saring hingga yang diambil hanya airnya saja. Sekarang Anda hanya perlu menyemprotkannya ke bagian sarang rayap atau ke arah koloni rayap.

  1. Daun Mint

Daun mint sangat bermanfaat di dunia kesehatan maupun makanan. Beberapa produk makanan menggunakan daun ini. Dan beberapa pasta gigi juga memanfaatkan daun ini agar pasta gigi menjadi lebih segar.

Tahukah Anda bahwa rayap dan serangga lainnya bisa pergi dengan bantuan daun mint. Nah, Anda bisa menanam tanaman mint dan letakkan di dalam rumah atau di perabot kayu yang ingin Anda lindungi dari serangan rayap. Jadi selain Anda gunakan untuk mengusir serangga juga bisa Anda gunakan sebagai pengias ruangan.

  1. Cabai Merah

Siapa bilang cabai merah tidak bisa dimanfaatkan selain menjadi sambal. Ternyata cabai merah juga bisa lho dimanfaatkan untuk mengusir rayap. Efek pedas dan panasnya ini membuat rayap tidak mampu menahan lebih lama berdekatan dengan cabai merah.

Tanamlah cabai merah di sekitar rumah Anda, saat panen Anda bisa menggunakan cabai merah tersebut untuk masakan Anda. Selain itu, rumah Anda juga terhindar dari serangan rayap.

Ada cara lain juga yang bisa Anda lakukan seperti, membuat semprotan cabai merah. Caranya, rendamlah dua cangkir cabai merah dalam air selama kurang lebih sehari. Setelah itu kocok dan saring, ambil airnya saja. Anda bisa menambahkan air dan dua sendok teh sabun pencuci piring. Masukkan ke botol dan Anda sudah siap menyemprotkannya ke rayap pengganggu.

  1. Bawang Putih

Selain bisa digunakan untuk memasak, ternyata bawang putih juga bisa digunakan sebagai pengusir rayap. Hancurkan bawang dan haluskan. 

Kemudian campur dengan air. Diamkan selama enam jam untuk hasil yang maksimal. Kemudian saring dan tambahkan sabun pencuci piring secukupnya. Ambil botol penyemprot dan Anda sudah siap menggunakannya. jika kesulitan jangan lupa panggil jasa anti rayap

Jadi bagaimana? Anda tertarik menggunakan cara di atas? Selamat mencoba ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *